Thursday, April 11, 2013

Wisata Kota Magelang


    
KOTA MAGELANG
Secara geografis kota magelang dengan luas wilayah 18,12 km2 terletak diantara dua sungai, yaitu sungai Progo disebelah barat dan sungai elo di sebelah timur dan dikelilingi berjajar gunung-gunung seperti gunung sumbing, gunung sindoro, gunung telomoyo, gunung merbabu, gunung merapi.  Posisi magelang pada 100o 4’ 30’’ bujur timur, 7o 30 - 7o 45’ 20’’ lintang selatan, dengan ketinggian rata-rata 375m diatas permukaan laut sehingga beriklim sejuk.  Kota magelang yang terletak di tengah provinsi jawa tengah sangat strsategis, berada dipersimpangan jalan poros utama semarang-yogyakarta, semarang-cilacap, dan yogyakarta wonosobo.  Daya tarik wisata di kota magelang antara lain : Kamar P. Diponegoro, Museum Abdul Jalil, Museum AJB. Bumiputera, BPK RI Magelang, Museum Sudirman, Taman Kyai Langgeng, Arung Jeram Sungai Progo.
alt
Taman Kyai Langgeng dan Arung Jeram Sungai Progo
Taman rekreasi yang diresmikan pada bulan september 1980 dengan luas lahan sekitar 25,05 h, terletak di Jl.  Cempaka No. 9 Magelang.  Taman wisata ini memiliki ratusan koleksi tanaman langka yang bisa dimanfaatkan sebagi obyek penelitian,  patung-patung dinosaurus dalam ukuran asli, aneka fasilitas permainan, serta yang terbaru adalah prototipe pesawat terbang.  Di taman kyai langgeng, khususnya pada hari libur akan disuguhi dengan berbagai atraksi kesenian daerah maupun musik, selain arena permainan untuk anak-anak dan keluarga, di sebelah taman ini terdapat fasilitas Arung jeram progo asri, dikuhususkan bagi mereka yang menyukai petualangan dengan menelusuri sungai progo.  Sepanjang 9 kilometer kita akan menikmati suasana pedesaan di tepian sungai progo sekaligus menikmati jeram-jeramnya.  Petualangan ini bisa dinikmati setiap hari dari pukul 08.00 sampai 14.00 tentu saja dengan melihat kondisi perairan di sungai progo.  Anda akan didampingi oleh pemandu yang telah berpengalaman serta memperoleh fasilitas lain serperti makan, asuransi dan transportasi kembali ke pos pemberangkatan.
alt

Kamar P. Diponegoro
Sebuah kamar yang berisi peninggalan P. Diponegoro, selain meja kursi yang dipakai untuk berunding di kamar itu juga terdapat kitab tahrib, jubah ukuran besar yang dikenakan beliau pada waktu berunding, bale-bale tempat beliau bersembahyang, teko dan 7 buah cangkir tempat 7 minuman kegemaran beliau dan beberapa lukisan yang menggambarkan kepahlawanan beliau.  Dilengan kursi yang didudukin ada peninggalan bekas guratan, konon karena amarahnya P. Diponegoro sempat mencengkeram kursi yang didududkinya sehingga meninggalkan bekas guratan tersebut.  Kamar P. Diponegoro terletak di gedung eks Karisidenan Kudu dibagian  barat Kota Magelang.
alt

Museum Abdul Jalil
Meruapakn museum militer yang diresmikan pada tanggal 4 oktober 1964, di museum ini mengoleksi benda-benda bersejarah pahlawan-pahlawan Indonesia al. Jendral Sudirman, Jendral Urip Sumoharjo dan para pahlawan revolusi yang telah gugur dalam menegakan dan mempertahankan Republik Indonesia.  Terletak di komplek Akademi Militer dibuka untuk umum pada jam kerja.
alt

Museum AJB. Bumiputera
Museum ini diresmikan pada tanggal  20 Mei 1985, di dalam museum ini dapat disaksikan rekaman sejarah Asuran Bumi Putra 1912 sejak lahir berdirinya di Kota Magelang berkembang sampai sekarang menjadi perusahaan asuransi nasional yang besar.
alt

Museum BPK RI Magelang
Merupakan sebuah gedung yang dulunya dikenal dengan gedung aniem, sejak 1 januari 1947 s/d 6 november 1948 menjadi gedung BPK RI yang pertama dan setelah BPK pindah di Yogyakarta gedung ini dijadikan sebuah museum, terletak di sebelah kiri gedung kantor eks Karisidenan Kedu.
alt

Museum Sudirman
Merupakan sebuah gedung yang pernah ditempatai oleh alm. Jendral  Sudirman sampai saat wafatnya, gedung ini diabadikan menjadi sebuah museum dengan nama Museum Sudirman dan didalamnya tersimpan beberapa benda peninggalan beliau, terletak di Jl. Badaan / Jl. Ade Irma Suryani.
alt

Keunikan Seni Budaya
Wayang Gethuk, wayangnya terbuat dari gethuk.
Tari Kuntulan, suatu tarian yang penarinya menggunakan kostum seperti yang dikenakan oleh P. Diponegoro.
alt

Kuliner
Buntil, ayam goreng ninit, tahu pojok, gethuk gondok, ceripang singkong, gethuk trio.


Cinderamata
Sarung gloyor, sarung bahannya licin

No comments:

Post a Comment