Thursday, April 11, 2013

Wisata Kabupaten Kebumen


    
KABUPATEN KEBUMEN
Kabupaten kebumen dengan ibukotanya kota kebumen, kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.281,115 km2, secara geografis terletak diantara 70 27’  - 70 50’ lintang selatan dan 1090 33’ - 1090 50’ bujur timur, wilayahnya dibatasi oleh Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo di sebelah utara, Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap di sebelah barat, Kabupaten Purworejo dan disebelah timur, samodera Hindia di sebelah selatan.  Perbukitan di gombong selatan disusun oleh batu gamping yang membentuk bentangan alam kars yang khas seperti tempat telur.  Sedangkan gejala kars dalamnya diwakili oleh aneka ukuran dan jenis goa yang jumlahnya puluhan yang menyajikan panorama ekso dan endo kars yang indah.  Daya tarik wisata yang terdapat di Kabupaten Kebumen beraneka macam baik obyek wisata alam, wisata buatan maupun wisata budaya antara lain: goa jatijajar, goa petruk, pantai logending, situs geologi karangsambung, pantai karangbata, pantai menganti, pantai rowo mirit, goa barat, pemandian air panas krakal, pantai karang bolong, pantai petanahan, bentengvan der wijck, waduk wadas lintang, waduk sempor.
alt
Goa Petruk
Goa kapur bertingkat tiga pada bagian atas berupa lorong kering dan dihubungkan oleh lorong dibawahnya yang masih aktif dan terdapat flowstone, memiliki stalagmit dan stalagtit yang indah, di dalam goa terdapat aliran sungan dan beberapa sendang.  Terletak di dukuh mondoyono, desa candi renggo, kec. Ayah, berjarak 30 km dar kota gombong atau 7 km sebelah selatan goa jatijajar.  Luas areal wisata goa alami ini sekitar 0,51 hektar. Kondisi jalan menuju lokasi sudah beraspal dan mudah dicapai, kira-kira 25 km dari kota kebumen.  Nama goa petruk berasal dari abdi setia pendawa(lima satria) yang memiliki hidung mancung.  Dalam goa ini mempunyai tiga tingkat bentuk stalagtit dan stalagmit yang indah.  Air terjun yang indah di dalam goa seperti sabun yang berbusa.  Bila masuk ke goa petruk kita kaan melalui trap-trap yang cukup indah.
alt
Pantai Logending/Ayah
Terletak di muara sungai Ijo Dukuh Ronceban, Desa Ayah, Kec. Ayah, berjarak 8 km dari Goa Jatijajar ke arah selatan.  Wisatawan dapat menikmati panoama pantai yang indah dengan berkuda di sepanjang pantai dan menikmati pemandangan sore hari saat matahari terbenam.  Fasilitas yang tersedia: tempat parkir, MCK, kios cinderamata, warung makan, gazebo, tempat bermain anak-anak, camping ground, hutan wisata, mushola, tempat penginapan.
Pantai logending, yang terletak di gombong selatan, kabupaten kebumen, jawa tengah.  Pantai ini dapat dikatakan terlengkap dibandingkan pantai-pantai lain. Selain diapit oleh dua pegunungan yang membuat pemandangan indah, pantai ini juga menjadi lahan para nelayan untuk menunjang kehidupan rutinnya sehari-hari.  Tiap hari puluhan jongkong berjejer di pantai itu, kecuali jongkong-jongkong yang melaut.  Pemandangan seperti ini merupuakan ciri khas dan spesifik pantai nelayan.  Di pantai ini, juga terdapat tempat pelelangan ikan dan penangkaran ubur-ubur.
alt
Benteng Vanderwijck
Dibangun pada abad ke XVIII oleh belanda untuk pertahanan, dan bahkan kadang-kadang untuk menyerang.  Luas benteng atas 3606,625 m2.  Benteng bawah 3606,625 m2.  Tinggi benteng 9,67 m, ditambang cerobong 3,33 m.  Terdapat 16 barak dengan ukuran masing-masing 7,5 m x 11,32 m.  Nama benteng ini diambil dari VAN DER WIJCK, nama yang terpampang pada pintu sebelah kanan, kemungkinan nama komandan pada saat itu.  Benteng ini kadang dihubungkan dengan nama FRANS DAVID COCHIUS(1787-1876), seorang jenderal yang bertugas di daerah barat Bagelen yang namanya diabadikan menjadi benteng GENERAAL COCHIUS.  Selanjutnya benteng pertahanan ini digunakan untuk sekolah militer.  Terletak di Desa Sedayu Kec. Gombong, kota gombong, 21 km dari kota kebumen.  Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, taman bermain, panggung hiburan, mushola, ruang pertemuan, cafe, kolam renang, hotel.
alt
Waduk Sempor
Obyek wisata yang memiliki pemandangna alam yang indah dengan hamparan air waduk yan gluas, terletak sekitar 34 km dari kota kebumen kearah barat laut atau 5 km utara gombong.  Waduk sempor dibangun untuk berbagai kegunaan diantaranya untuk pengairan, pembangkit listrik, pengendalian banjir, perikanan dan pariwisata.
alt
Pantai Karangbolong
Terletak di dukuh tengah desa karangbolong, kec. Buayan, berjarak kurang lebih 18 km dari kota gombong ke arah selatan.  Merupakan pantai yang landai diapit bukit berkarang, wisatawan dapat menyaksikan keindahan alam pantai dan melakukan kegiatan memancing.  Di sebelah timur pantai terdapat goa karang bolong terbentuk oleh breksi lahar yang terkekarkan, panjang goa 30 meter, lebar 10 meter dan tinggi 5 meter.  Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, kios cinderamata, warung makan.
alt
Pemandian Krakal
Pemandian dengan air panas yang mengandung mineral, mata airnya tak pernah kering walau musim kemarau panjang.  Terletak 11 km kota kebumen kearah timur laut.  Suhu air berkisar antara 39-420 C berkaitan dengan induksi panas yang ditimbulkan oleh gesekan bongkah batuan akibat sesar.  Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, kios cinderamata, warung makan, taman bermain, panggung hiburan, mushola.
alt
Pantai Petanahan
Pantai yang landai dengan hamparan pasir yang luas dan deretan gumuk, yang terbangun memanjang sejajar dengan garis pantai.  Pantai petanahan terletak di kecamatan petanahan, berjarak 19 km dari kota kebumen kearah selatan.  Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, mushola, warung makan, tempat bermain anak-anak, gazebo, panggung terbuka, gardu pandang.
alt
Waduk wadas lintang
Obyek wisata yang memiliki pemandangan alam yang indah dengan hamparan air waduk yang luas dilatarbelakangi perbukitan serayu selatan, terletak sekitar 34 km dari kota kebumen kearah timur laut.  Waduk wadas lintang dibangun untuk  keperluan pembangkit listrik, irigasi, perikanan dan pengendalian banjir.  Ukuran waduk ini 9 kali lebih besar daripada waduk sempor.
alt
Geo wisata karangsambung
Wilayah karangsambung  merupakan tempat terhimpunnya beraneka ragam batuan yang muncul dari perut bumi.  Pada tanggal 14 november 2006 kawasan karangsambung dicanangkan sebagai cagar alam geologi.  Terletak di desa karangsambung, kec. Karangsambung gombong, sekitar 19 km dari kota kebumen.  Geowisata ini lebih menitik beratkan pada pengetahuan umum terkait dengan bukti-bukti geologi yang ada di kawasan karangsambung.  Selain itu akan didapatkan pengetahuan-pengetahuan dasar tentang geologi, semisal pengetahuan tentang jenis batuan, singkapan batuan dasar samudera, pengetahuan tentang kompas geologi, dasar-dasar pembacaan peta dan juga presentasi dari Peneliti Balai Informasi dan Konservasi Kebumian karangsambung.
alt
Unduhan Sarang Burung

Keunikan seni budaya
Selamatan unduhan sarang burung, suatu acara sebelum pengambilan sarang burung wallet dilakukan suatu upacara selamatan dengna tahlilan, kesenian dan larung.  Sebagaimana upacara pada umumnya, upacara ngunduh sarang burung walet di karangbolong juga dilakukan secara bertahap.  Tahap-tahap yang harus dilalui dalam upacara ini adalah sebagai berikut (1) tahap selamatan di paseban(pendopo) kantor dipenda karangbolong;(2) tahap pementasan wayang kulit di goa contoh;(3)tahap melarung sesajen di pantain karangbolong;(4)tahap kenduri atau selamatan dirumah mandor pengunduh sarang burung walet;(5)tahap selamatan di pos penjagaan sarang burung walet.
Tarian lengger lanang, kesenian daerah degnan sajian tarian, atraksi , musik, penarinya laki-laki semua berjumlah 15 orang.
alt

Kuliner
Sate ambal, yaitu sate ayam dengan bumbu tempe rasa manis dan pedas memiliki cita rasa yang khas, berasal dari desa ambal.


Cinderamata
Anyaman pandan, bahan bakunya dari daun pandan yang dibuat tas, sandal, topi.
Kulit kerang, dibuat hiasan dinding, souvenir dsb.

No comments:

Post a Comment