Thursday, April 11, 2013

Wisata Kabupaten Purbalingga



KABUPATEN PURBALINGGA
Dengan ibukotanya Kota Purbalingga, dengan luas wilayah 777,65 km2.  Sedangkan geografis wilayahnya terletak di cekungan yang diapit oleh pegunungan, disebelah utara merupakan rangkaian pegunungan (Gunung Slamet dan Dataran Tinggi Dieng) sedangkan disebelah sealtan merupakan Depresi Serayu  dan pada posisi 1010 11’ – 1090 35’ Bujur Timur, 70 10’ – 70 29’ Lintang Selatan, kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten Banjarnegara di sebelah timur, kabupaten Banyumas di sebelah barat, kabupaten Pemalang di sebelah utara, kabupaten Banyumas dan Banjarnegara.  Daya tarik wisata di Kabupaten Purbalingga antara lain: Goa Lawa, Pendakian Gunung Slamet, Wana Wisata Serang, Taman Curug Gringsing, Bumi Perkemahan Munjuluhur, Petilasan Ardi Lawet Panusupan, MTL. Jend. Sudirman, Obyek Wisata air Bojongsari (OWABONG), Kolam renang Tirto Asri, Taman Reptil, River World Purbasari Pancuran Mas, Desa Wisata Karangbanjar.
alt     
Goa Lawa
Goa ini terbentuk karena proses pendingan lava dari aliran lava gunung slamet sehingga batuannya keras dan hitam.  Terletak di desa sirawak, kec. Karangrejo, berjarak sekitar 27 km dari Kota Purbalingga dengan ketinggian sekitar 900 m diatas permukaan laut.  Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, panggung terbuka, warung makan, kios cinderamata.
alt
OWABANG
Terletak di Jalan Owabang Bojongsari Purbalingga.  Merupakan obyek wisata air terbesar dan termodern di Jawa Tengah dengan kolam yang sangat jernih dengan air langsung dari sumber mata air pegunungan, sejuk dan menyegarkan, terdapat luncuran sepanjang 70 m dengan tinggi menara 12 m.  Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, kios cinderamata, warung makan, sirkuit gokart, kolam permainan, rest area, film 4 dimensi, mushola
alt
Taman Reptil
Obyek wisata taman reptil dan serangga yang memiliki koleksi ratusan hewan dari dalam dan luar negeri ini berlokasi di Desa Karangbanjar, Kec. Kutasari, Kab. Purbalingga.  Provinsi Jawa Tengah.  Taman seluas sekitar 2 hektar ini memiliki koleksi ribuan serangga termasuk serangga yang unik.  Dari jenis reptil, ada buaya, kobra, biawak dan kadal serta iguana.  Tempat wisata ini sangat cocok untuk mengenalkan anak-anak/pelajar tentang dunia binatang.  Di tempat ini mereka dapat melihat dan mempelajari leih dalam tentang dunia reptil dan serangga, melalui koleksi pustaka lengkap yang tersedia.  Dengan cara ini mereka tidak akan takut lagi melihat langsung reptil.  Bahkan jenis iguana dibiarkan berkeliaran bebas di halaman sehingga mereka dapat menyentuh langsung.
alt
Agrowisata Strawberry
Merupakan kawasan obyek wisata potensial yang berbasis masyarakat, artinya keberadaannya masih secara tradisional dikelola oleh kelompok tani setempat yang menawarkan hamparan kebun sayur-mayur dan buah strawberry seger.  Wisatawan yang berkunjung akan diantar ke kebun untuk memetik sendiri baik sayur-mayur maupun buah strawberry.  Dan setelah selesai wisatawan bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan yang indah sejuk dan menawan.  Sambil menikmati jenang dodol strawberry dan minum juice strawberry.  Tempat ini terletak di desa Serang dan Kutabawa, Kecamatan Karangreja 25 km dari pusat kota Purbalingga.
alt
MTL. Jend.  Sudirman
Monumen Tempat lahir Jenderal Sudirman terletak di Desa Bantarbaran, Kec. Rembang, berjarak kurang lebih 26 km dari Kota Purbalingga kearah timur.  Monumen ini diremikan pada tanggal 21 Maret 1979 oleh Jenderal Surono, mobumen ini berbentuk duplikat rumah tempat lahirnya.
Jenderal Sudirman lengkap dengan pendopo, masjid, perpustakaan dan relief kegiatan perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman dan dibangun untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa beliau terhadap Negara.
alt
Petilasan Ardi Lawet Panusupan
Ardi Lawet merupakan petilasan salah satu tokoh islam yang bernama Kyai Jambukarang.  Terletak di desa Panusupan, Kec.  Rembang, berjarak kurang lebih 30 km dari Kota Purbalingga kearah timur.  Untuk mencapai petilasan tersebut harus melalui jalan setapak yang naik sekitar 3 km.
alt
Taman Curug Gringsing
Terletak di jantung kota tepatnya jalan Kompol Notosumarsono, merupakan taman bermain anak-anak yang dilengkapi dengan kebun binatang mini dan sarana sepeda air.  Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, warung makan.
alt
Bumi Perkemahan Munjuluhur
Bumi perkemahan dengan pemandangan yang masih alami, terletak di desa karangbanjar.
alt
Pendakian Gunung Slamet
Pendakian dengan berjalan kaki mulai dari gunung malang di desa serang dan gunung grumbul alur bambangan di desa kutabawa, jarak dari grumbul sampai ke puncak gunung slamet dapat ditempuh selama 6 jam perjalanan kaki.  Terletak kurang lebih 30 Km dari pusat Kota Purbalingga kearah barat laut.  Fasilitas yang tersedia : Tempat Parkir, MCK, pondok penampungan, pos-pos peristirahatan,
alt
Desa Wisata Karangbanjar
Di desa Wisata karang banjar ini, dapat melihat secara langsung proses pembuatan rambut palsu, bulu mata palsu, sapu lidi, sapu ijuk, sanggul.  Telah tersedia fasilitas “homestay” di rumah penduduk dengan biaya yang sangat terjangkau.  Suasana pedesaan yang sejuk, makanan khas daerah setempat, penduduk yang ramah membuat suasana yang semakin nyaman serta menikmati pertunjukan tradisional khas Purbalingga, yang dimainkan oleh para penduduk desa tersebut.
alt
Wana Wisata Serang
Merupakan Obyek Wisata dengan panorama alam yang indah dikelilingi oleh hutan pinus.  Terletak sekitar 22 km dari Kota Purbalingga, untuk mencapai tempat tersebut melalui dua pintu yaitu pintu gerbang Baturaden dan pintu gerbang Serang di Kec. Karang Purbalingga.
alt
River World Purbasari Pancuran Mas
Merupakan sarana pendidikan dan rekreasi keluarga berupa aquarium raksasa yang menampung banyak berbagai jenis ikan langka dan dilindungi dari seluruh dunia.  Setidaknya terdapat lebih dari 150 ekor ikan dari kurang lebih 30 jenis ikan air tawar.  Diantara ikan-ikan langka dan dilindungi tersebut antara lain: arapaima gigas, ikan raksasa dari perairan amazone yang telah populer sebagai icon river world purbasari pancuran mas, belida dan palmas, spesies ikan purba yang lambat dalam berevolusi sehingga wujudnya sangat unik.  Wahana bermain untuk anak-anak yang dapat memacu kreativitas anak-anak dengan segala aktivitas bermainnya pada berbagai wahana yang ada.  Lokasi ini berdekatan dengan kantin makanan dan kios makanan kecil dan souvenir yang menjual berbagai pernak-pernik khas purbasari sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan.  Taman unggas (bird park), terdapat sedikitnya 20 jenis unggas dari berbagai spesies.  Mulai dari Merak sampai ayam bekisar.  Danau buatan “Telaga Fulus” yang digunakan untuk lokasi wahana sepeda air.  Telah dilengkapi pula Hall(pendopo) yan gasri dengan daya tampung 500 orang yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti arisan, gathering instansi, seminar/workshop, syukuran dll.  Disediakan pula fasilitas pendukung lainnya Seperti Gazebo, Musholla Yang Representatif, Kios Makanan Kecil Dan Souvenir.
alt
Seni budaya
Rapak kentong, kesenian dengan alat utama dibuat dari bamboo yang dimainkan oleh 30 orang. 
Dames, kesenian tradisional yang bernuansa keagamaan.
alt
Kuliner
Kacang asin, cara pembuatannya digoreng dengan pasir tidak dengan minyak
alt
Cinderamata
Sapu Hamada, kerajinan sapu yang dibuat dari pohon sorgum.
Wig, konde dan idep palsu, dibuat dari limbah rambut.

No comments:

Post a Comment