Thursday, January 3, 2013

Keunikan Bali

Keunikan Pulau Bali - Tidak Dimiliki Pulau Lain di Dunia

Negara Indonesia memang memiliki ribuan pulau dan terdiri dari beraneka ragam suku dan bangsa. Tapi dari ribuan pulau tersebut anda mungkin sudah sering mendengar  dan tau banyak mengenai pulau Bali. Bila anda ingin tau lebih banyak, ada beberapa hal yang menjadi keunikan Pulau Bali dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya di Dunia. Inget loh,…di Dunia…. Bukan di Indonesia. Mau tau?
Pulau Bali memiliki hari raya khusus umat Hindu yang dikenal dengan nama Nyepi. Ada apa di hari tersebut? Di hari tersebut anda akan melihat pulau Bali mengalami kegelapan secara serentak mulai dari pagi hari hingga esok paginya. Pada hari tersebut, jalan-jalan juga akan sangat sepi dan semua orang tidak diperbolehkan keluar rumahnya masing-masing. Menjelang sore hari, kota Denpasar dan seluruh wilayah Bali akan terlihat mulai gelap.
Pada saat malam hari sebelum hari raya Nyepi, anda akan melihat pawai Ogoh-ogoh. Buat anda yang belum pernah menyaksikannya, ini adalah kesempatan yang tepat bagi anda untuk melihat berbagai macam replika patung yang diarak keliling kota secara beramai-ramai. Acaranya pawai ini biasanya dimulai sekitar pukul 7 malam. Semua jalan raya akan di tutup karena akan digunakan sebagai lalu lintas untuk mengarak ogoh-ogoh keliling kota.
Sekilas mengenai perayaan hari Raya Nyepi ini selalu akan jatuh pada saat hitungan Tilem Ke 9. Pada saat hari tersebut seluruh umat hindu mempercayai bahwa hari tersebut merupakan hari yang tepat untuk melakukan pemujaan suci terhadap dewa-dewa. Mereka juga tidak diperbolehkan melakukan aktivitas kerja atau apapun. Mereka lebih banyak melakukan semedhi di rumah masing-masing.
Jadi buat anda yang ingin berwisata ke Bali, jangan pas nyepi  yaa..karena secara otomatis anda tidak bisa bepergian kemanapun untuk menikmati keindahan pulau Bali. Sampai jumpa di info keunikan lain tentang Pulau Bali yang wajib kamu ketahui JJ

No comments:

Post a Comment